Memperbaiki Suara Hilang di Fedora
Memperbaiki Suara Hilang di Fedora

Cara Mengatasi Sound atau Suara Hilang di Fedora Linux





Fedora adalah salah satu distribusi dari sistem operasi GNU/Linux yang sudah lama dan banyak digunakan, termasuk di Indonesia. Di indonesia sendiri, sudah banyak forum-forum dan grup para pengguna atau pecinta Fedora Linux yang ada di sosial media dan website forum.

Fedora merupakan turunan Redhat, yang menggunakan Redhat Packages Manager (RPM) untuk memanajemen aplikasi pada sistem operasi. Seperti layaknya Redhat, Fedora berasal dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Pada beberapa distribusi dari sistem operasi GNU/Linux, salah satu masalah atau error yang sering muncul adalah masalah suara atau Sound, tidak terkecuali pada distro Fedora. Biasanya masalah tersebut muncul ketika Fedora pertama kali digunakan setelah diinstal atau juga ketika sistem baru selesai di upgrade.

Ada banyak penyebab mengapa suara hilang, diantaranya adalah tidak cocoknya perangkat keras dengan driver, sistem yang error, masalah pada konfigurasi volume, dan volume yang di-mute. Pada artikel ini kita membahas cara memperbaiki masalah suara yang hilang pada Fedora.

Cara Memperbaiki Suara Hilang di Fedora Linux

Kita akan memperbaiki suara yang hilang tersebut dengan men-set up Sound Card dan mengatur setingan volume pada Alsamixer.

Alsamixer adalah aplikasi mixer audio di shell Linux, yang berguna untuk mengatur Sound Card dan setingan volume dan lain.

Buka terminal pada desktop Fedora melalui menu aplikasi. Kemudian masuk sebagai user root atau super user agar bisa memiliki hak akses penuh untuk merubah sistem dengan mengetikkan perintah di bawah ini:

su

Masukkan password user yang memiliki hak akses root tersebut. Untuk membuka aplikasi Alsamixer, ketikkan alsamixer pada Terminal seperti berikut:

alsamixer

Kemudian terbuka Alsamixer dengan tampilan seperti gambar di bawah ini.

Memperbaiki Sound atau Suara Hilang di Fedora
Alsamixer

Tekan tombol F6 pada keyboard untuk memilih Sound Card pada perangkat yang digunakan. Kemudian akan muncul tiga pilihan seperti pada gambar di bawah, pilih pilihan yang kedua ( HDA Intel PCH ), dan tekan Enter.

Memperbaiki Sound atau Suara Hilang di Fedora
Pilih Sound Card di Alsamixer

Kemudian akan muncul semua menu dan setingan sound pada Sound Card tersebut.

Memperbaiki Sound atau Suara Hilang di Fedora
Setting Volume Alsamixer

Perbesar setingan volume pada masing-masing menu dengan menekan tombol Panah Atas hingga volume sesuai dengan keinginan anda. Tekan tombol Panah Kiri atau Kanan untuk pindah ke menu lainnya.




Menu-menu tersebut memiliki indikator, jika indikator tersebut bertuliskan “MM” artinya dalam volume dalam kondisi mute (diam). Karena mute inilah biasanya yang menyebabkan perangkat tidak mampu menghasilkan suara. Untuk unmute atau mengatifkan suara tersebut, tekan tombol M pada keyboard di masing-masing menu hingga indikator tersebut berubah menjadi “OO” seperti pada gambar di bawah.

Memperbaiki Sound atau Suara Hilang di Fedora
Memperbaiki Sound atau Suara Hilang di Fedora

Jika setingan suara sudah selesai, tekan tombol ESC pada keyboard untuk keluar dari aplikasi Alsamixer.

Kemudian coba apakah masalah suara yang hilang sudah berhasi teratasi dan suara sudah terdengar. Jika masih belum terdengar, coba restart Fedora anda terlebih dahulu. Good Luck!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here