Install Multimedia Codec di Fedora
Install Multimedia Codec di Fedora

Install Multimedia Codec di Fedora Untuk Memutar Semua Format Video dan Audio





Karena sebuah alasan, Fedora tidak memasukkan beberapa multimedia codecs secara default dalam sistem mereka. Sehingga ketika pertama kali di gunakan setelah proses instalasi, sangat banyak format audio dan video yang tidak bisa diputar atau dimainkan pada Fedora.

Agar bisa memutar dan memainkan format-format video dan audio tersebut, kamu perlu menginstal multimedia codecs tambahan terlebih dahulu. Kamu harus menggunakan repository lain untuk menginstall multimedia codec tersebut.

Pasang RPMFusion Repository di Fedora 23

Sebelum menginstal multimedia codecs, kamu harus menambahkan atau memasang RPMFusion repository terlebih dahulu. Ada banyak aplikasi atau ultilitas yang tersedia di RPMFusion repository yang tidak tersedia di Fedora repository.

Untuk menambahkan RPMFusion repository pada Fedora kamu. Buka Terminal pada Fedora kamu dengan menekan kombinasi keyboard atau buka Terminal melalui menu aplikasi, kemudian masukkan atau copy perintah berikut di Terminal:

su -c 'dnf install http://download1.rpmfusion.org/free/fedora/rpmfusion-free-release-$(rpm -E %fedora).noarch.rpm http://download1.rpmfusion.org/nonfree/fedora/rpmfusion-nonfree-release-$(rpm -E %fedora).noarch.rpm'

Setelah proses selesai, maka multimedia codecs yang akan dibutuhkan siap untuk diinstall di Fedora.

<h4″>Instal ffmpeg and gstreamer plugins di Fedora 23

Banyak media player, baik video player ataupun music player seperti Banshee, Totem dan lainya menggunakan gstreamer plugins. Dengan menginstall codec plugins tersebut, maka media-media player bisa memutar lebih banyak format video dan audio tambahan.

Untuk menginstalnya, masukkan atau copy perintah berikut di Terminal:

sudo dnf install gstreamer1-plugins-base gstreamer1-plugins-good gstreamer1-plugins-ugly gstreamer1-plugins-bad-free gstreamer1-plugins-bad-free gstreamer1-plugins-bad-freeworld gstreamer1-plugins-bad-free-extras ffmpeg

Tunggu proses download dan instalasi hingga selesai.

Install VLC Player di Fedora 23

VLC Player adalah sebuah aplikasi pemutar video handal yang banyak digunakan dan populer. Bukan hanya pada sistem operasi GNU/Linux, VLC Player juga banyak digunakan di sistem operasi Microsoft Windows dan lainnya.

Dengan menggunakan VLC Player, kita dapat memutar semua format video yang banyak digunakan sekarang ini.
Untuk menginstall VLC Player pada Fedora, buka Terminal dan ketikkan perintah berikut.

sudo dnf install vlc

Kemudian tunggu proses download dan instalasi hingga selesai. Setelah proses instalasi selesai, buka VLC Player pada menu aplikasi Fedora. Sekarang kamu bisa memutar berbagai format video di Fedora.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here