Install Cool Retro Term di Ubuntu
Install Cool Retro Term di Ubuntu

Install Cool Retro Term, Terminal Dengan Tampilan Monitor Jadul





Cool-retro-term adalah sebuah Terminal emulator lightweight gratis yang dibuat oleh seorang developer asal Italia, yang bernama Filippo Scognamiglio.

Cool-retro-term sangat ringan. Selain ringan, yang membuat Cool-retro-term sangat menarik adalah tampilannya yang terlihat sangat unik, layaknya sebuah televisi atau monitor zaman dulu yang memiliki layar cembung.

Cool-retro-term memiliki berbagai template yang sudah tersedia ketika menginstallnya, jadi pengguna tinggal memilih template yang ingin mereka gunakan atau mereka suka, beberapa template yang bisa digunakan adalah Amber, Green, Scanlines, Pixelated, Apple, Vintage, IBM Dos, IBM 3287, Transparent Green dan lainnya.

Cool-retro-term juga memungkinkan pengguna untuk melakukan kostumisasi pada terminal Cool-retro-term, seperti mengubah kecerahan, kontras, mengubah jenis tulisan, ukuran tulisan, warna, animasi, efek pada terminal, dan lainnya. Pengguna bebas merubah tampilannya sesuai selera.

Install Cool Retro Term di Linux Mint, Ubuntu dan Turunannya

Untuk menginstall Cool Retro Term pada Ubuntu, dan turunannya seperti Linux Mint dan lain-lain. Buka Terminal dengan menekan kombinasi CTRL+ALT+T pada keyboard, atau lewat menu aplikasi.

Kemudian ketikkan perintah berikut untuk menambah PPA repository dan menginstall Cool Retro Term :

sudo add-apt-repository ppa:noobslab/apps
sudo apt-get update
sudo apt-get install cool-retro-term

Tunggu proses instalasi hingga selesai. Setelah berhasil, buka Cool Retro Term lewat menu aplikasi, Dash atau juga bisa melalui Terminal dengan mengetikan:

cool-retro-term

Preview, Ubah Tampilan Cool Retro Term

Setelah aplikasi berhasil terbuka, anda dapat mengganti tampilan Cool Retro Term denganĀ  tampilan yang disukai.

Untuk mengubahnya, pilih menu Profiles pada menu bar aplikasi, kemudian akan muncul menu dropdown yang menampilkan template-template tampilan yang tersedia, pilih template yang ingin anda gunakan.




Berikut beberapa template yang tersedia di Cool Retro Term:

Tampilan Cool Retro Term Default Pixelated
Tampilan Cool Retro Term Apple II
Tampilan Cool Retro Term Default Amber
Tampilan Cool Retro Term
Tampilan Cool Retro Term Vintage
Tampilan Cool Retro Term IBM Dos
Tampilan Cool Retro Term Default Scanlines

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here