Menambah User Baru di Ubuntu
Menambah User Baru di Ubuntu

Cara Menambah dan Menghapus User di Ubuntu





User atau akun pengguna sangat penting dalam penggunaan sebuah perangkat komputer. Apalagi sebuah perangkat komputer dalam sebuah perkantoran atau sebuah perangkat komputer yang digunakan oleh lebih dari satu orang, misalnya sebuah perangkat yang digunakan bersama dalam keluarga.

Mungkin anda tidak ingin file dan folder pada direktori home user anda dibuka atau di acak-acak oleh orang lain. Maka orang lain yang juga menggunakan komputer tersebut juga harus memiliki user dan folder home mereka sendiri.

Oleh karena itu, managemen user juga penting dalam sistem operasi. Pengguna juga bisa mengatur hak akses pada user-user yang ada, seperti user manakah yang memiliki hak akses administrator atau root, user manakah yang hanya memiliki hak akses sebagai user biasa.

Untuk menambahkan user baru pada distribusi Ubuntu dan Linux lainnya sebenarnya sangatlah mudah. Buka Terminal dengan menekan kombinasi CTRL + ALT + T pada keyboard atau melalui menu aplikasi.

Kemudian ketikkan perintah “sudo adduser username”. Masukkan nama user yang ingin anda tambah pada kata username, seperti berikut:

sudo adduser sudoway

Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan password untuk user yang anda buat tersebut dan data-data lainnya. Masukkan password sesuai dengan yang anda inginkan. Untuk data lainnya, cukup berikan data nama Full Name, sedangkan yang lain lewatkan saja dengan menekan enter.

Cara Menambah dan Menghapus Uset di Ubuntu
Menambah User di Ubuntu

Ketika user yang baru telah berhasil dibuat, sistem juga akan membuat folder /home untuk user tersebut yang terletak pada direktori /home/username, misalnya /home/sudoway. Sehingga tiap user memiliki folder /home tersendiri.




Pengguna juga dapat menambah user dengan mudah pada Ubuntu melalui System Settings. Pilih Sistem Settings, kemudian pilih User Accounts, anda dapat dengan mudah menambah user disitu. Jangan lupa agar dapat menambahkan user baru,  pengguna harus memiliki hak akses root.

Untuk menghapus folder yang telah buat, pengguna dapat menggunakan perintah “sudo deluser username”, misalnya untuk menghapus user sudoway yang telah kita buat sebelumnya, ketikkan perintah seperti berikut.

sudo deluser sudoway

Folder home user yang dihapus tidak akan terhapus dengan otomatis ketika user tersebut dihapus. Pengguna perlu menghapus folder home tersebut secara manual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here