Membuat USB Bootable Linux di Windows
Membuat USB Bootable Linux di Windows

Cara Membuat USB Bootable Linux Menggunakan Rufus




Rufus adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat USB bootable dan memformat USB. Rufus adalah aplikasi multi-platform, yang bisa digunakan pada sistem operasi GNU/Linux dan Windows, dan juga bisa membuat USB bootable dari iso sistem operasi seperti Windows dan berbagai Distribusi GNU/Linux.

Menurut uji coba yang dilakukan untuk melakukan perbandingan kinerja pembuatan USB bootable dengan beberapa aplikasi lain seperti Universal USB Installer, Unetbootin, RMPreUSB dan lainnya, Rufus mampu membuat bootable USB lebih cepat. Bukan hanya itu, Rufus memili ukuran yang sangat kecil, dan bersifat portable.

Untuk membuat USB bootable Linux menggunakan Rufus, jika file syslinux yang ada tidak sesuai dengan iso yang akan dibuat bootable, maka Rufus akan men-download file syslinux tersebut, tidak perlu takut, ukuran file syslinux tersebut sangatlah kecil. Untuk lebih jelasnya, mari langsung saja ke tutorial.

Membuat Bootable USB atau Flashdisk Linux Menggunakan Rufus Dari Windows

Pertama, siapkan peralatan yang dibutuhkan, yaitu : iso dari distribusi Linux yang akan diinstall, USB Flashdisk yang ukurannya muat file iso tersebut, dan Aplikasi Rufus yang bisa didapatkan langsung dari website resmi Rufus.

Buka aplikasi Rufus, kemudian tancapkan USB Flashdisk pada perangkat komputer atau laptop. Rufus akan otomatis mendeteksi perangkat USB tersebut pada pilihan menus device, pada menu device tersebut kita bisa memilih perangkat yang akan digunakan.

Cara Membuat USB Bootable Linux Menggunakan Rufus
Memilih USB Flashdisk

Pada menu Partition scheme and target system type, pilih sesuai dengan jenis sistem laptop dan Harddisk. Pilih pilihan pertama jika Harddisk laptop anda adalah jenis MBR dengan sistem BIOS atau UEFI, pilih pilihan ketiga jika Harddisk anda berjenis GPT dan sistem perangkat laptop anda adalah UEFI.

Cara Membuat USB Bootable Linux Menggunakan Rufus
Memilih Jenis Harddisk dan Sistem Perangkat





Untuk menu lainnya, biarkan saja default, karena Rufus akan menyetel secara otomatis sesuai dengan Sistem Operasi yang anda pilih untuk dijadikan bootable.

Pilih menu dengan icon CD/DVD untuk menambahkan atau memilih file iso yang akan dijadikan bootable.

Cara Membuat USB Bootable Linux Menggunakan Rufus
Menambahkan File Iso

Kemudian akan terbuka sebuah jendela explorer, cari lokasi file iso anda di klik dua kali untuk menambahkannya.

Cara Membuat USB Bootable Linux Menggunakan Rufus
Mencari dan Memilih File

Setelah semuanya selesai, klik Start pada bagian paling bawah Rufus untuk memulai membuat bootable. Jika file syslinux yang ada tidak cocok versinya dengan file iso yang anda  pilih untuk dijadikan bootable Flashdisk, akan muncul sebuah pop-up yang menanyakan apakah anda ingin mendownload file syslinux, pilih saja Yes, ukuran file tersebut sangat kecil. Namun pastikan anda terhubung dengan internet.

Cara Membuat USB Bootable Linux Menggunakan Rufus
Download File Syslinux

Jika file syslinux sudah selesai didownload, maka Rufus siap untuk mulai membuat bootable Flashdisk Linux, kemudian akan muncul pop-up yang memperingatkan bahwa proses ini akan menghapus semua isi dari Flashdisk, klik OK untuk mulai membuat bootable dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Cara Membuat USB Bootable Linux Menggunakan Rufus
Mulai Proses Membuat Bootable

Setelah proses pembuatan bootable Flashdisk selesai. Selamat! Anda sudah siap melakukan Instalasi Linux menggunakan media USB Flashdisk. Aturlah USB Flashdisk menjadi urutan pertama pada urutan boot di perangkat anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here