Buat USB Bootable di Linux dari Terminal
Buat USB Bootable di Linux dari Terminal

Membuat Bootable Flashdisk di Terminal Linux Dengan dd





Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat bootable Flashdisk di Linux. Beberapa distribusi Linux sudah menyediakan aplikasi yang sudah terpasang atau terinstal secara default untuk membuat bootable Flashdisk, atau pengguna juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang banyak tersedia di internet untuk Linux.

Namun terlepas dari aplikasi-aplikasi tersebut, anda bisa membuat bootable flashdisk di Linux dari terminal tanpa aplikasi pihak ketiga apapun, cukup menggunakan ultilitas perintah bernama dd. Sehingga tidak perlu menunggu waktu download dan menginstalnya.

dd adalah sebuah ultilitas baris perintah pada GNU/Linux untuk menyalin file dengan format yang sama persis atau merubahnya dari sebuah perangkat penyimpanan ke penyimpanan lainnya seperti Harddisk, Flasdisk dan lain-lain. Dengan menggunakan dd kita bisa membuat bootable Flashdisk di sistem operasi GNU/Linux dengan mudah.

Cara Membuat USB Bootable  Dari Terminal Menggunakan dd di Linux

Pertama, pastikan USB Flashdisk sudah terpasang pada port USB di perangkat laptop atau komputer. Kemudian cek nama device USB Flashdisk tersebut pada sistem menggunakan perintah berikut.

ls /dev/

Kemudian akan muncul beberapa isi dari direktori /dev/ tersebut. Cari device dengan nama sdb1 atau sdc1 dan seterusnya.

Jika hanya satu perangkat USB Flashdisk yang dimasukkan pada perangkat laptop atau komputer, kemungkinan besar USB Flashdisk tersebut akan terbaca dengan nama sdb1, seperti pada gambar di bawah yang mana sdb1 merupakan USB Flashdisk yang terbaca pada perangkat saya.

Membuat Bootable Flashdisk Lewat Terminal Menggunakan dd
Memeriksa Nama Device USB Flashdisk

Setelah mengetahui nama dari perangkat USB Flashdisk, kemudian unmount USB Flashdisk tersebut dengan perintah berikut. Sesuaikan “sdb1″ pada perintah di bawah dengan nama device perangkat USB Flashdisk milik anda.

umount /dev/sdb1

Selanjutnya adalah proses pembuatan bootable Flashdisk. Ingat nama dan lokasi file iso dari distribusi Linux yang akan anda buat menjadi USB bootable. Ketikkan perintah berikut untuk membuat bootable :

dd if=/home/yaumil/lubuntu-16.04-desktop-amd64.iso of=/dev/sdb1 bs=1M && sync

/home/yaumil/lubuntu-16.04-desktop-amd64.iso adalah direktori dan nama file dari iso yang akan dijadikan bootable, yang di masukkan dalam perintah “if=.

/dev/sdb1” adalah nama device yang akan digunakan untuk membuat bootable, yang dimasukkan setelah perintah “of=”.




bs=1M” menandakan ukuran block adalah 1 MB, dd akan mentransfer file per block, yang berarti semakin besar ukuran block maka akan semakin cepat proses selesai, tapi semakin besar ukuran block juga semakin besar kemungkinan file mengalami error atau kerusakan, sebaiknya cukup atur ukuran block sebesar 1 MB.

Tunggu proses tersebut hingga selesai. Setelah proses selesai, terminal akan memunculkan dialog seperti pada gambar. USB bootable siap untuk melakukan instalasi.

Membuat Bootable Flashdisk Lewat Terminal Menggunakan dd
Proses Pembuatan Bootable Menggunakan dd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here