Mengubah Tampilan Splash Screen Linux Mint
Mengubah Tampilan Splash Screen Linux Mint

Cara Mengganti Tampilan Booting atau Splash Screen Linux Mint





Splash screen atau tampilan booting adalah tampilan ketika perangkat komputer pertama kali dihidupkan, yang akan membaca seluruh perangkat keras dan memuat sistem. Pada Linux Mint, tampilan default pada saat booting adalah tampilan layar hitam dengan logo Linux Mint di tengah-tengah.

Mungkin anda sudah bosan dengan logo Linux Mint pada saat booting yang selalu anda lihat tiap hari. Anda bisa mengganti tampilan tersebut dengan logo yang anda buat sesuai keinginan anda atau dengan logo Linux Mint yang lebih keren yang anda dapatkan dari internet. Ikuti tutorial ini!

Mengganti Tampilan Booting atau Splash Scrren di Linux Mint

Siapkan gambar yang akan dijadikan logo pada tampilan booting atau splash screen, ubah nama gambar tersebut menjadi “logo”, tanpa tanda petik.

Anda bisa membuat gambar sendiri sesuai keinginan atau memperolehnya dari internet. Gambar bisa berformat png, atau jpg. Gambar tersebut digunakan untuk logo, yang biasanya hanya berukuran sekitar 100×100 pixel, atau anda bisa menyesuaikan ukuran gambar sesuai selera anda.

Buka folder /lib/plymouth/themes/mint-logo, kemudian cari file gambar dengan nama “logo.png”, hapus atau pindahkan file tersebut. Kemudian pindahkan file gambar yang sudah anda siapkan tadi ke folder /lib/plymouth/themes/mint-logo tersebut, anda harus masuk sebagai super user atau root.

File Gambar Logo Tampilan Booting





Atau pindahkan file gambar tersebut dari terminal dengan perintah berikut:

sudo cp logo.png /lib/plymouth/themes/mint-logo/

Update konfigurasi tampilan splash screen dengan perintah:

sudo update-alternatives --config default.plymouth

Kemudian akan muncul script yang meminta anda untuk memilih tema splahs screen yang akan digunakan. Pilih saja pilihan 0, dengan masukkan angka “0” dan kemudian tekan enter. Pilihan 2 adalah tema splash screen tanpa logo.

Kemudian ketikkan perintah berikut:

sudo update-initramfs -u

Proses konfigurasi selesai. Namun pada beberapa kasus, setelah perintah tersebut akan muncul error “Warning : No support for locale: en_US.UTF-8”, jika muncul peringatan tersebut, ketikkan perintah berikut;

sudo locale-gen --purge --no-archive
sudo update-initramfs -u -t

Setelah berhasil, restart komputer anda dan lihat apakah tamppilan splash screen sudah berganti dengan logo yang anda inginkan. Selamat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here