Tampilan Grub Kali Linux
Tampilan Grub Kali Linux

Cara Mengganti Background GRUB Kali Linux





GRUB adalah Boot Loader pada GNU/Linux, yang memungkinkan kita untuk untuk memilih sistem operasi yang akan di-booting atau dijalankan pada perangkat, GRUB sangat berguna untuk kita yang sering menggunakan lebih dari satu Sistem Operasi atau Distro pada perangkat, hal ini disebut Multiple Boot.

Pada setiap distro, GRUB memiliki tampilan dan settingan yang berbeda. Seperti gambar di atas yang merupakan tampilan default GRUB pada distro Kali Linux 2 yang memiliki background bewarna biru dan teks yang berwarna dasar putih.

Mungkin anda merasa bosan dengan tampilan tersebut karena sudah terlalu lama melihat dan sama dengan banyak orang. Maka pada postingan kali ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengganti background GRUB pada Kali Linux. Tutorial ini juga bisa anda gunakan jika anda menggunakan distro Debian, karena Kali Linux dibuat dari debian-based.

Langkah-langkah Mengganti Background GRUB Kali Linux

Siapkan file gambar berformat “.png” yang akan anda gunakan menjadi background GRUB. Ubah nama file gambar tersebut menjadi unik sehingga mudah untuk diingat. Agar mudah dalam me-manage dan menggantinya, copy file tersebut dan pindahkan ke direktori usr -> share -> images -> desktop-base, karena pada file tersebut berisi file gambar background GRUB, background Desktop dan sebagainya.

Cara Mengganti Background GRUB di Kali Linux
Siapkan File Untuk Background GRUB

Kemudian buka file “grub.cfg” yang berisi konfigurasi GRUB yang terletak pada direktori atau folder boot -> grub, klik file “grub.cfg” tersebut untuk membuka.

Cara Mengganti Background GRUB di Kali Linux
File Konfigurasi GRUB

Kemudian file tersebut akan terbuka dengan text editor gedit, secara default. Tekan kombinasi CTRL + F pada keyboard, sehingga akan muncul kotak pencarian kecil, ketikkan “png”  (tanpa tanda kutip) untuk mencari file gambar background GRUB sebelumnya.

Cara mengganti Background GRUB di Kali Linux
Mencari File Background GRUB Sebelumnya

Kemudian akan ditemukan semua teks dengan karakter “png” pada file tersebut yang biasanya di tandai  dengan background berwarna kuning.





Teks “png” pada gambar dibawah yang memiliki tanda berwarna kuning adalah file gambar backgorund GRUB default, yaitu file bernama “kali-grub.png”

Cara Mengganti Background GRUB di Kali Linux
File Background GRUB Sebelumnya

Kemudian ganti tulisan “kali-grub.png” tersebut dengan nama file gambar yang sudah anda siapkan tadi, jangan lupa tetap berikan ekstensi “.png” karena merupakan format file gambar tersebut. Simpan konfigurasi tersebut dengan menekan kombinasi CTRL + S pada keyboard.

Cara Mengganti Background GRUB di Kali Linux
Ganti Nama File Background GRUB

Keluar dan restart laptop atau komputer anda, dan lihat background pada GRUB sudah berubah dengan gambar yang anda inginkan. Selamat!

Cara mengganti Background GRUB di Kali Linux
Tampilan GRUB Setelah Berhasil Ganti Background

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here