Perbaiki Error GRUB Rescue di Linux
Perbaiki Error GRUB Rescue di Linux

Memperbaiki Error GRUB Rescue di Linux Tanpa Media Instalasi





Grub rescue terjadi dikarenakan adanya masalah pada file GRUB, baik karena kerusakan ataupun hilangnya file GRUB. Salah satu kasus terjadinya GRUB rescue adalah seperti yang saya alami beberapa hari yang lalu. Saat itu saya menghapus salah satu distro Linux yang terinstall pada perangkat komputer saya karena keperluan akan ruang Harddisk.

Karena GRUB (boot loader) yang saya gunakan sebelumnya adalah file GRUB dari distro yang saya hapus tersebut, maka otomatis perangkat komputer kehilangan boot loader dan muncul GRUB rescue ketika dihidupkan, saya tau bahwa itu akan terjadi.

Manusia harus belajar dari pengalaman, bukan hanya dari pengalaman diri sendiri, tetapi juga dari pengalaman orang lain, dan alangkah mulianya jika kita mau berbagi pengalaman dan ilmu untuk orang lain, walaupun hanya sedikit. Pada postingan ini, saya akan membagikan sedikit pengalaman saya tentang bagaimana cara memperbaiki error GRUB rescue pada Linux.

Langkah-langkah Memperbaiki Error GRUB Rescue Tanpa Media Instalasi

Pertama hidupkan perangkat komputer anda seperti biasa hingga muncul error GRUB rescue. Kemudian ketikkan “ls” (tanpa tanda kutip) dan tekan enter. Akan muncul semua partisi yang ada seperti pada gambar di bawah.

ls
Memperbaiki error GRUB Rescue di Linux.
Perintah “ls” untuk melihat semua partisi yang tersedia

Salah satu dari partisi yang terlihat tersebut merupakan partisi “/” yang merupakan tempat file GRUB berada. Ketikan perintah “ls (hd0,msdos2)/”,“ls (hd0,msdos3)/” dan seterusnya seperti pada gambar di bawah untuk mencari yang mana partisi “/” (root) . Partisi “/” (root) ditandai dengan munculnya tulisan “lost + found…” seperti gambar ketika anda memasukkan perintah di atas. Seperti gambar yang berarti ”(hd0, msdos3)” adalah partisi “/” (root)

ls (hd0,msdos2)/
ls (hd0,msdos3)/
ls (hd0,msdos5)/
Memperbaiki error GRUB Rescue di Linux.
Mencari isi file pada setiap partisi untuk mencari partisi root

Ketikkan perintah berikut. Pada bagian “(hd0,msdos3)” ganti dengan lokasi partisi “/” root pada perangkat anda.

set prefix=(hd0,msdos3)/boot/grub
set root=(hd0,msdos3)
insmod normal
normal
Memperbaiki error GRUB Rescue di Linux.
Memperbaiki GRUB

Setelah peintah “normal”, perangkat komputer akan terestart dengan sendirinya. Kemudian masuk ke desktop dan buka terminal, ketikkan perintah seperti berikut untuk memperbarui GRUB. Jika anda tidak menggunakan user root atau super user, tambahkan “sudo” di awal perintah

sudo grub-install /dev/sda
sudo update-grub
Memperbaiki error GRUB Rescue di Linux.
Menginstal dan Update GRUB

Setelah berhasil memperbaiki GRUB, kemudian restart komputer untuk melihat hasil apkah sudah berhasil diperbaiki dengan baik. Selamat anda berhasi memperbaiki error GRUB rescue.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here