Install Pitivi di Linux, Video Editor Open Source Kaya Fitur

Posted on

Install Pitivi di Linux, Video Editor Open Source Kaya Fitur

Pitivi adalah sebuah aplikasi video editor gratis dan open source yang dibuat khusus untuk sistem operasi GNU/Linux. Sebagai aplikasi open source, Pitivi berada di bawah lindungan GNU Lesser General Public License (LGPL)

Pitivi dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Python dan menggunakan GStreamer multimedia framework. Pitivi terinstegrasi dengan baik dengan semua Desktop Environment yang ada di Linux, terutama GNOME Desktop Environment.

Pitivi diciptakan dengan semangat open source, dengan tujuan membuat semua orang dapat mengekspresikan diri mereka melalui video dengan membuat video menggunakan peralatan yang bisa dimiliki sepenuhnya dan bisa ditingkatkan sendiri sesuai dengan yang dibutuhkan.

Pitivi memiliki cukup banyak fitur-fitur yang dapat memudahkan para penggunanya, serta membuat pengguna lebih mudah berkreasi dan menghemat waktu.

Diantaranya dengan fitur yang mampu menampilkan trimming video secara realtime, pengelompokan dan snapping, scrolling yang halus, mengatur dan mencari bahan lebih mudah secara realtime, penyetelan zoom secara otomatis, pemotongan video yang dapat dilakukan dengan mudah dan berbagai fitur-fitur lainnya.

Pitivi memiliki lebih dari 70 efek transisi yang bisa kamu gunakan sesuai dengan yang kamu inginkan, efek-efek tersebut merupakan efek-efek yang biasanya digunakan dan dibutuhkan oleh standar insdustri. Pitivi juga memiliki ratusan efek video dan audio yang tersedia yang bisa kamu gunakan.

Pitivi memiliki tampilan yang sangat cantik dengan design yang modern. Selain cantik, user interfaces Pitivi juga dibuat agar mudah digunakan, kamu bisa menggunakan fitur-fitur yang tersedia dengan mudah karena user interfaces-nya cukup baik

User interfaces Pitivi dirancang agar dapat mudah digunakan, sehingga Pitivi tidak hanya bisa digunakan oleh para professional yang sering berkerja dengan video editing, tapi juga para pengguna baru yang baru akan menggunakan video editor untuk mengedit video.

Pitivi juga mendukung berbagai bahasa yang ada di dunia yang bisa digunakan, termasuk bahasa Indonesia. Dengan didukungnya penggunaan bahasa Indonesia tentu akan membuat kamu lebih mudah dalam menggunakannya.

Install Video Editor Pitivi di Linux

Install Pitivi Melalui Official Repository di Ubuntu dan Turunannya

Pitivi sudah tersedia secara default pada official repository hampir semua distro populer Linux. Pada Ubuntu dan turunannya, kamu dapat menginstal Pitivi dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:

sudo apt-get update 
sudo apt-get install pitivi

Kemudian tunggu proses update dan instalasi hingga selesai.

Namun versi Pitivi yang tersedia pada official repository tersebut bukan merupakan edisi terakhir dari rilis Pitivi. Biasanya Pitivi pada official repository merupakan versi Pitivi yang sudah usang.

Install Versi Terakhir Pitivi di Linux Menggunakan Flatpak

Sementara di official repository pada distribusi-distribusi Linux masih menggunakan versi lama dari Pitivi, sedangkan versi baru dari Pitivi terus hadir dan mengalami berbagai peningkatan seperti peningkatan dan penambahan fitur ataupun perbaikan bug yang ada pada versi sebelumnya.

Untuk menginstall versi terbaru dari Pitivi, kamu bisa menginstall Pitivi dari Flatpak.

Untuk menginstall Pitivi dari Flatpak, pastikan kamu sudah menginstall Flatpak terlebih dahulu pada perangkat kamu. Jika kamu belum memiliki Flatpak pada perangkat kamu, kamu bisa menginstall Flatpak terlebih dahulu dengan mengikuti tutorial ini.

Jika kamu sudah menginstall Flatpak. Buka Terminal, kemudian kamu dapat menginstall Pitivi menggunakan Flatpak dengan memasukkan perintah berikut di Terminal. Kamu meng-copy perintah tersebut dan kemudian paste pada Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + SHIFT + V.

flatpak install --user http://flatpak.pitivi.org/pitivi.flatpakref

Tunggu proses instalasi hingga selesai dan pastikan tidak ada pemberitahuan error atau kesalahan pada saat proses instalasi.

Jika ada pemberitahuan error atau masalah pada saat proses instalasi. Jalankan perintah berikut satu-persatu pada Terminal.

curl https://git.gnome.org/browse/pitivi/plain/build/flatpak/pitivi-flatpak -Sso pitivi-flatpak
chmod +x pitivi-flatpak
./pitivi-flatpak --branch=stable --update

Masukkan langkah perintah-perintah tersebut satu persatu, tunggu proses dari setiap langkah tersebut hingga selesai dan berhasil.

Jika sudah selesai. Coba ulangi langkah instalasi Pitivi melalui Flatpak seperti sebelumnya atau dengan menggunakan perintah berikut:

flatpak install --user http://flatpak.pitivi.org/pitivi.flatpakref

Kemudian tunggu proses instalasi Pitivi menggunakan Flatpak hingga selesai.

Jika proses instalasi sudah selesai, kamu dapat membuka Pitivi dari menu aplikasi seperti aplikasi pada umumnya. Kamu sudah bisa mulai menggunakan Pitivi untuk mengedit video yang kamu inginkan.

Cara Update Pitivi Terbaru Menggunakan Flatpak

Jika kamu menginstall Pitivi menggunakan Flatpak dan ingin memperbaharui Pitivi jika versi terbaru dari Pitivi sudah tersedia.

Kamu dapat memperbaharui Pitivi dengan memasukan perintah berikut di Terminal:

flatpak --user update org.pitivi.Pitivi

Jika versi baru sudah tersedia, maka versi terbaru dari Pitivi akan diunduh dan diperbaharui. Tunggu proses update tersebut hingga selesai.